Senin, 28 Januari 2013

Nebosh Training Spesialis Listrik

nebosh training
Nebosh training: Di setiap lingkungan kerja dimanapun, yang minimal menggunakan instalasi listrik mempunyai resiko kebakaran maupun efek langsung yang ditimbulkan oleh listrik tersebut . Untuk mencegah hal tersebut diperlukan seorang ahli yang memahami dengan baik tentang listrik, dampak, pencegahan serta penganggulannya di tiap perusahaan.

Untuk membentuk ahli dalam bidang tersebut listrik diperlukan training terlebih dahulu salah satunya dengan mengikuti nebosh training spesialis listrik.


Bahaya listrik dibedakan menjadi dua, yaitu bahaya primer dan bahaya sekunder. Bahaya primer adalah bahaya - bahaya yang disebabkan oleh listrik secara langsung, seperti bahaya sengatan listrik dan bahaya kebakaran atau ledakan.

Sedangkan bahaya sekunder adalah bahaya-bahaya yang diakibatkan listrik secara tidak langsung. Namun bukan berarti bahwa akibat yang ditimbulkannya lebih ringan dari yang primer.

Contoh bahaya sekunder antara lain adalah tubuh / bagian tubuh terbakar baik langsung maupun tidak langsung, jatuh dari suatu ketinggian, dan lain -lain. Dengan adanya nebosh training spesialis Listrik bisa diberikan pemahaman yang benar dalam materi yang diberikan.

Didalam nebosh training juga di berikan mengenai dampak sengatan listrik kepada tubuh manusia, antara lain adalah:

  1. Gagal kerja jantung (Ventricular Fibrillation), yaitu berhentinya denyut jantung atau denyutan yang sangat lemah sehingga tidak mampu mensirkulasikan darah dengan baik. Untuk mengembalikannya perlu bantuan dari luar;
  2. Gangguan pernafasan akibat kontraksi hebat (suffocation) yang dialami oleh paru-paru.
  3. Kerusakan sel tubuh akibat energi listrik yang mengalir di dalam tubuh,
  4. Terbakar akibat efek panas dari listrik.

Lama waktu sengatan listrik ternyata sangat menentukan kefatalan akibat sengatan listrik. Penemuan faktor ini menjadi petunjuk yang sangat berharga bagi pengembangan teknologi proteksi keselamatan listrik dan juga penambahan materi di dalam nebosh training yang sudah ada.

Semakin lama waktu tubuh dalam sengatan semakin fatal pengaruh yang diakibatkannya. Oleh karena itu, yang menjadi ekspektasi dalam pengembangan teknologi adalah bagaimana bisa membatasi sengatan agar dalam waktu sependek mungkin, dan untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengaruh besar dan lama waktu arus sengatan terhadap tubuh.

Kebakaran merupakan salah satu kecelakaan yang ditimbulkan oleh listrik suatu ancaman bagi keselamatan manusia, harta benda maupun lingkungan. Dengan adanya perkembangan dan kemajuan pembangunan yang semakin pesat, resiko terjadinya kebakaran semakin meningkat di tiap kota. Penduduknya semakin padat, pembangunan gedung - gedung perkantoran, kawasan perumahan, industri yang semakin berkembang sehingga menimbulkan kerawanan dan apabila terjadi kebakaran membutuhkan penanganan secara khusus. Tidak menginginkan hal - hal tersebut diatas terjadi pada perusahaan atau diri anda sendiri bukan, untuk itu nebosh training spesialis listrik sangat penting anda ikuti selain training - training yang lain.

17 komentar: